Cara mengatasi Error 404 dengan Google Webmaster Tools

Cara mengatasi Error 404 dengan Google Webmaster Tools,- Page Not Found atau sering kita kenal dengan Error 404, Error ini sering kali tidak kita ketahui pada blog/web yang sedang kita kelolah ternyata terdapat error 404 atau Page Not Found. Error 404 ini akan kita ketahui ketika kita mengakses akun Google Webmaster kita pada menu Crawl Error / Kesalahan Perayapan di menu ini kita dapat mengetahui dan mengatasi Error 404 atau Page Not Found.



Sebelum mengetahui mengatasi error 404 Page Not Found pada blog pasti penasaran apa penyebab terjadi Error 404 Page Not Found ini? Ketika saya pelajari dari berbagai sumber, Error 404 Page Not Found ini intinya disebabkan adanya link terhapus, rusak atau broken link blog kita sehingga ketika kita ingin mengakses halaman itu, halaman itu sudah tidak ada, bisa juga ketika kita mengetikkan URL pada suatu halaman misalnya anda menulis komentar meletakkan link terjadi kesalahan Ketik tentunya akan mengarah ke halaman yang memang tidak ada maka terjadi error 404. Atau bisa saja halaman itu memang sudah kadaluarsa sehingga ketika google bot melakukan perayapan halaman tersebut tidak dapat di temukan. Error 404 Page Not Found Menurut Sumber yang saya baca, Error 404 Page Not Found ini tidak berpengaruh pada page range namun berpengaruh pada backlink yang sudah lama pada page yang telah ter index. 

Cara mengatasi Error 404 dengan Google Webmaster Tools

Pertama kunjungi google webmasters Login ke akun google webmaster tools dengan akun google anda setelah masuk Pada Menu disamping kiri cari Crawl trus pilih Crawl Error.

Cara mengatasi Error 404 dengan Google Webmaster Tools

Pada halaman Crawl Error terdapat link-link yang error 404 link ini tidak akan di temukan jika di kunjungi atau Page Not Found. Centang semua link yang Error 404 tersebut, lalu download data Link-link yang Error 404/Page Not Found blog anda dengan klik Download.

Cara mengatasi Error 404 dengan Google Webmaster Tools

Selanjutnya Pilih format file yang anda inginkan dalam bentuk CSV atau Google  Docs. Pilih saja dalam bentuk google docs. Copy semua URL yang Error tadi untuk di input pada menu Remove URL. Anda bisa mencopy dan meletakkannya di Ms.Word atau Notepad untuk sementera.

Kembali lagi ke akun google webmaster tools, buka menu Google index lalu pilih Remove URLs.Klik pada Temporarily Hide masukkan link satu persatu yang telah anda copy tadi, lalu klik Continue.

Cara mengatasi Error 404 dengan Google Webmaster Tools


Pilih Reques Type “temporarily hide page from search results and remove from chace”, selanjutnya klik Submit Request.

Cara mengatasi Error 404 dengan Google Webmaster Tools


Jika semua sudah selesai, kembali pada menu halaman Craw lalu Crawl Error, Cheklist semua URL, Klik tombol Mark as fixed.


Setelah melakukan tahap ini proses menghapus URL Error 404/Page Not Found selesai. Tunggu Proses Penghapusan, jika berhasil akan tampil seperti gambar di bawah ini.



Demikian artikel kali ini somoga bermanfaat untuk kita semua. Semangat




0 Response to "Cara mengatasi Error 404 dengan Google Webmaster Tools"