Pengukuran Sudut, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 1

Pengukuran sudut, Materi matematika kelas 4 sd semester 1,- Materi kali ini kita akan mempelajari tentang pengukuran sudut. Terlebih dahulu Apakah kalian mengetahui apakah  sudut itu? Mungkin diantara kalian telah mengenal apa itu sudut namun untuk lebih memahami dan menambah pengetahuan mari kita ulangi lagi materi pelajaran tentang pengukuran sudut.

Sebelum memasuki materi pengukuran sudut mari kita ketahui dulu apa pengertian dari sudut. Sudut yaitu daerah yang dibatasi dua garis lurus atau dua sinar atau sudut  yang dapat kita gambarkan sebagai pertemuan dua garis lurus. Dalam kehidupan sehari-hari kita tentunya akan banyak menemukan sudut, lihat lah di sekitar kalian. Mari kita perhatikan gambar benda di bawah ini.
Pengukuran Sudut, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 1


Membandingkan besar dua sudut

Bagaimana membandingkan dua sudut? Dan dapatkah kalian membandingkan sudut mana yang lebih besar dan sudut mana yang lebih kecil? Mari kita lakukan beberapa praktik membandingkan dua buah sudut.

Pertama lihat dua buah sudut dibawah ini :


Selanjutnya gabungkan kedua sudut tersebut dengan menghimpitkan kedua sudut dengan salah satu garis saling menempel. Lihat gambar dibawah ini.

Lihat kamu dapat membedakan yang mana sudut yang lebih besar dan yang mana sudut yang lebih kecil. Dari praktik kita diatas kalian pasti sudah mengerti bukan ? dari gambar yang terakhir dapat kita simpulkan sudut B lebih besar dari sudut A.

Baca Juga : Menyelesaikan Masalah KPK dan FPB

Mengukur Besar Sudut

Dari praktik diatas tentunya kalian sudah dapat membandingkan dua buah sudut kali ini kita akan mengukur besar sudut dengan sudut satuan atau pun dengan busur derajat. Sebelum ke pelajaran selanjutnya apa itu sudut satuan? Kita akan mengetahui dengan memperhatikan kegiatan dibawah ini .
Ada dua pengukuran dengan sudut satuan yaitu dengan satuan tak baku dan satuan baku. Mari kita lihat cara mengukur besar sudut dengan satuan tak baku terlebih dahulu.

Mengukur besar sudut dengan satuan tak baku

Cara ini dapat kita lakukan dengan terlebih dahulu menentukan sudut satuan yang akan menjadi alat ukut. Perhatikan cara berikut. Bagilah lingkaran itu menjadi 8 bagian yang sama besarnya potong lah satu bagian, Lihatlah gambar lingkaran berikut ini.

Ukurlah sudut-sudut dengan alat ukur yang telah kita buat tadi lihat gambar berikut ini.



Jadi Kesimpulannya sudut yang kita buat sebagai alat ukur untuk mengukur sudut lainnya dapat disebut dengan sudut satuan. kemudian kita bisa mengukur besar sudut dengan sudut lain yang disebut sudut satuan. Lihatlah hasil dari pengukuran lingkaran diatas

Mengukur sudut dengan satuan baku

Mengukur sudut dengan satuan baku dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan Busur Derajat. Apakah kalian bisa menggunakan busur derajat? jika belum mari kita belajar bersama menggunakan busur derajat. Untuk lebih memahami perhatikan gambar berikut ini :

Bagaimana kita mengukur sudut dengan Busur derajat? caranya cukup mudah terlihat seperti gambar dibawah ini.

Kalian tinggal tempelkan busur derajat ke sudut yang akan diukur terus lihat nilai besar sudutnya
maka terlihat Besar sudut A adalah 50 Derajat.

Sudut siku-siku dan sudut lurus

Seperti yang kita ketahui sudut satu putaran yaitu 360 derajat. Sudut dalam satu lingkaran disebut sudut satu putaran.misalnya saja Jarum jam yang berputar mulai dari angka 12 kembali ke angka 12 
menempuh sudut satu putaran 360 derajat



Setelah kita mengetahui Sudut satu putaran mari kita pelajari sudut yang lain dari bagian lingkaran. perhatikan  gambar dibawah ini

Kesimpulan
sudut lurus yaitu sudut setengan putaran (180 derajat)
sudut siku-siku yaitu sudut seperempat putaran (90 derajat)
Demikian Materi tentang Pengukuran Sudur Semoga bermanfaat untuk kita semua,Semangat

0 Response to "Pengukuran Sudut, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 1"