Bilangan Romawi, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2

Bilangan Romawi, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2,- Hai bertemu lagi dengan miss rina, kali ini kita akan memasuki materi baru yaitu materi Bilangan Romawi. Di awal Materi kita terlebih dahulu harus mengenal lambang bilangan romawi dan apakah bilangan romawi itu? berbeda dengan bilangan-bilangan yang telah kita pelajari sebelumnya misalnya bilangan bulat, bilangan asli, bilangan cacah, bilangan pecahan. Bilangan romawi merupakan penomoran yang berasal dari bangsa romawi kuno yang simbolnya menggunakan huruf latin. 


Tidak banyak yang dapat kita temukan dalam kehudupan sehari-hari yang menggunakan bilangan romawi namun ada beberapa yang menggunakan bilangan romawi misalnya
1. Tono mendapatkan Ranking III
2. Pada Bab I kita mempelajari Operasi Hitung Bilangan.
3. Alamat Pak Ihsan di Jalan Mekar Jaya II

Nah coba kalian perhatikan penggunaan huruf-huruf pada kalimat diatas yang mana terdapat bilangan romawi yaitu : III , I, II  tentunya kalian cukup mengenal bilangan romawi atau mungkin kalian pernah melihat penggunaan bilangan romawi di tempat tinggal kalian. Coba kalian contohkan penggunaan penggunaan bilangan Romawi yang kalian ketahui.

Mengenal Lambang Bilangan Romawi

Secara umum lambang bilangan romawi terdiri dari 7 angka yang dilambangkan dengan huruf. Dibawah ini 7 Lambang bilangan dasar bilangan romawi yang harus kalian hafal 
Untuk bilangan bilangan yang lain merupakan perpaduan dari lambang bilangan Dasar bilangan romawi. 

Aturan Menulis Bilangan Romawi

Pada bilangan Romawi tidak ada bilangan 0 nol. Untuk menulis bilangan romawi kalian harus mengetahui dan menghafal bilangan dasar pada bilangan romawi. Setelah kalian hafal bilangan dasar bilangan romawi kalian harus mengetahui aturan-aturan menulis bilangan romawi. Untuk menyatakan bilangan Romawi ke bilangan Asli dapat kita pahami dengan contoh berikut.

1. Aturan Penambahan Bilangan Romawi
Jika lambang yang menyatakan angka lebih kecil di sebelah kanan maka untuk membaca bilangan romawi , dapat kita uraikan dalam bentuk penambahan seperti contoh berikut ini.
a. III = I + I + I 
         = 1 + 1 + 1
         = 3 
   Jadi , III adalah 3

b. VII = V+ I + I
          = 5 + 1 + 1
          = 7
    Jadi VII adalah 7

c. LXXVIII = L + X + X +  V + I + I + I
                    = 50 + 10 + 10 + 5 + 1 + 1 + 1 
                    = 78
    Jadi, LXXVIII adalah 78

2. Aturan Pengurangan Bilangan Romawi
Jika lambang yang menyatakan angka lebih kecil di sebelah kiri maka untuk membaca bilangan romawi , dapat kita uraikan dalam bentuk pengurangan seperti contoh berikut ini.
a. IV = V - I
         = 5 - 1
         = 4
   Jadi, IV adalah 4 

b. XL = L - X 
          = 50 - 10
         =  40
    Jadi XL adalah 40

c. IX = X - I
         = 10 - 1
         = 9
   Jadi IX adalah 9

Dari contoh-contoh diatas dapat kita simpulkan aturan menulis bilangan romawi sebagai berikut.
  1. Lambang yang sama Hanya boleh berurutan 3 kali
  2. Jika Lambang yang menyatakan nilai lebih kecil di sebelah kanan lambang yang nilainya lebih besar berarti penjumlahan
  3. Jika Lambang yang menyetakan nilai lebih kecil di sebelah kiri lambang yang nilainya lebih besar berarti pengurangan.
  4. V dan X hanya dapat dikurangkan oleh I, dan L hanya dapat dikurangkan oleh X dan hanya satu lambang.

Menulis Bilangan Romawi 

Setelah kita mengetahui aturan-aturan menulis lambang bilangan romawi. Sekarang kita akan menulis bilangan romawi dari bilangan asli yang di tentukan nilainya. Mari kita perhatikan contoh-contoh untuk lebih memahami  menulis bilangan romawi.

Contoh:

1. 29 = 20 + 9 
         = (10 + 10 ) + ( 10-1)
         =  XX  + IX
         = XXIX 
    Jadi, Lambang bilangan Romawi 29 adalah XXIX

2. 46 = 40 + 6
         = (50 - 10) + (5 +1)
         = XL + VI
         = XLVI
   Jadi, Lambang bilangan Romawi 46 adalah XLVI

Demikian Materi Bilangan Romawi semoga dapat berguna dan menambah pengetahuan kita tentang bilangan romawi. Sampai jumpa di materi selanjutnya. Semangat 

0 Response to "Bilangan Romawi, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2"