Cara Paling Ampuh Mengatasi Ponsel Android Lemot dan mulai Lambat

Kadang kita merasa ponsel android kita semakin lelet,lemot dan sering crach pada aplikasi-aplikasinya padahal awalnya ponsel android kita lancer dan bekerja dengan baik setelah beberapa minggu atau bulan di pakai, terasa agak sedikit lemot dan berkurang kinerjanya. Tentunya ini akan berpengaru pada aktivitas kita dalam menggunakan ponsel. Dan yang lebih mengesalkan lgi ketika kita sedang dalam penggunaan ponsel pada kegiatan penting. Sebenarnya ponsel android yang lelet atau lemot dapat kita perbaiki dengan beberapa cara dan sedikit trik untuk mengembalikan kinerja ponsel android kita supaya lebih cepat seperti pertama kali kita pakai.

Berikut cara yang dapat kita lakukan untuk mengembalikan kinerja ponsel android seperti awal pemakaian. Cara-cara berikut ini di dapat dari berbagai sumber yang kami baca dan dirangkum sebagai berikut. 
Cara Paling Ampuh Mengatasi Ponsel Android Lemot dan mulai Lambat

1. Perbaharui versi android 

Perbaharui system Operasi, Caranya, masuk ke Setting> About device/phone > System update dan sentuh tombol Check for updates. Jika ada pembaharuan lakukan pembaharuan dengan mengunduh pembaharuan untuk ponsel android anda dan pasang pada ponsel android anda. Perlu anda ketahui tidak semua ponsel android dapat diperbaharui system operasinya karena kadang produsen tidak merilis pembaharuan system operasi yang di pakai pada ponsel android kita kadang produsen hanya memberikan versi 5.1 Lollipop dan tidak bias diperbaharui ke versi 6.1 Marshmallow. Namun ada cara lain yang dapat anda lakukan cari saja di google untuk mengupgradenya dengan cara lain biasanya ada yang memiliki trik khusus dalam bidang ini. 

2. Hapus atau matikan aplikasi yang tidak berguna 

 mungkin anda perna memasang aplikasi-aplikasi namun hanya untuk beberapa kepentingan dan setelah beberapa waktu aplikasi tersebut tidak anda gunakan lagi, segera hapus aplikasi tersebut karena aplikasi tersebut akan memenuhi ruang pada ponsel dan membebani kinerja ponsel anda. Jika tidak bisa dihapus, biasanya Anda tetap bisa mematikan aplikasi tersebut sehingga tidak memakan banyak memori. Caranya, masuk ke menu Settings > Apps dan Cari aplikasi yang menurut anda tidak berguna langsung sajak klik dan pilih disable untuk menghentikan dan uninstall akan langsung dihapus. 

3. Clean cache aplikasi 

 Pada Aplikasi-aplikasi android biasanya menyimpan data cached agar bisa diproses kembali dengan cepat layaknya seperti history. Namun semakin lama, data cached ini akan menumpuk makin besar kapasitasnya dan banyak memakan memori, tentunya akan mempengaruhi Kinerja ponsel. Lakukan cara ini akan sedikit membantu Supaya kinerja lebih lancar, anda dapat membersihkan chache memori ponsel Anda dengan Masuk ke menu Settings > Apps, kemudian pilih aplikasi yang biasanya menyimpan banyak cache. Misalnya Facebook. Buka aplikasi dan pilihlah Clear Cache. Ada juga ponsel yang memiliki aplikasi khusus yang bisa membersihkan cache, misalnya Clean Master. 

4. Matikan auto-sync Akun 

Auto-sync adalah merupakan fitur yang berguna agar aplikasi otomatis memperbaharui aplikasi yang memakai auto sync tersebut, misalnya akun untuk menerima email. Auto sync memang sangat diperlukan namun jika sudah terlalu banyak, maka auto sync juga dapat membuat ponsel menjadi lemot. Seringkali pengguna ponsel android memiliki banyak akun didalam ponselnya, baik akun e-mail, medsos dan lainnya. Akun-akun tersebut biasanya otomatis dalam kondisi auto-sync menyala. Solusi yang dapat kita lakukan yaitu dengan memilih dan mematikan auto-sync pada aplikasi tertentu.

5. Kembali ke Setelan Pabrik (Factory reset) 

Kembali ke setelan pabrik merupakan cara yang ampuh dan paling mudah untuk memperbaiki kinerja ponsel anda. Namun meskipun cara ini cukup mudah, melakukan Factory Reset ini akan membuat data-data dan software tambahan pada ponsel anda akan hilang terhapus dan ponsel anda akan kembali pada kondisi saat Anda baru membelinya. Memang cara ini memiliki resiko dan anda akan direpotkan dengan mulai mengunduh ulang data-data dan semua aplikasi serta beberapa pengaturan yang harus anda atur untuk mulai menggunakan ponsel anda lagi. Menurut saya melakukan factory Reset perlu perhitungan yang matang karena kita tentunya harus membackup data-data kita terlebih dahulu sebagai cadangan data sebelum melakukan Factory Reset. 

6. Beli Ponsel baru atau perbaiki ponsel anda di konter reparasi ponsel

Menurut saya ini jalan terakhir. Jika cara-cara diatas sudah anda lakukan namun masih tidak ada perubahan mungkin sudah saatnya anda mengganti ponsel android anda dengan ponsel android yang baru mungkin terdapat kerusakan yang disebabkan oleh perangkat keras ponsel android anda. Atau anda juga bias memperbaikinya pada tempat anda membeli ponsel android tersebut.

0 Response to "Cara Paling Ampuh Mengatasi Ponsel Android Lemot dan mulai Lambat"