Penjumlahan Bilangan Bulat, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2

Penjumlahan Bilangan Bulat, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2,- Pada materi kali ini kita akan mempelajari penjumlahan bilangan bulat namun sebelum mempelajari penjumlahan bilangan bulat lebih lanjut tentunya kalian telah mengenal bilangan bulat dan telah menguasai bilangan nol dan bilangan positif atau pun negatif yang telah kita pelajari pada materi Pengenalan bilangan bulat sebelumnya. Dalam penjumlahan bilangan bulat kita dapat melakukan dengan dua metode yaitu dengan menggunakan garis bilangan dan tanpa menggunakan garis bilangan. Mari kita bahas cara kedua metode tersebut agar kita dapat memahai dan menguasai penjumlahan bilangan bulat.

Penjumlahan Bilangan Bulat, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2

Penjumlahan Menggunakan Garis Bilangan

Kita dapat menjumlahkan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan dengan membuat diagram panah yang menyertakan bilangan tersebut. Untuk lebih memahami  mari kita mengenal bilangan bulat dengan diagram panah. 

Bilangan Bulat dapat ditunjukkan dengan diagram panah pada garis bilangan yang mempunyai panjang dan arah. Panjang diagram panah menunjukkan banyak satuan dan arahnya menunjukkan positif atau negatif. Jika diagram panah menuju kearah kanan maka menunjukkan bilangan bulat positif dan jika diagram panah menuju ke arah kiri maka menunjukkan bilangan bulat negatif. Lihat gambar berikut ini.
Menunjukkan Bilangan 6
Penjumlahan Bilangan Bulat, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2
Menunjukkan bilangan -6
Penjumlahan Bilangan Bulat, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2
Setelah kita memahamani dan mengenal diagram panah. Mari kita menjumlahkan bilangan bulat dengan diagram panah yang akan kita mulai dari bilangan nol. Perhatikan contoh berikut ini.

Contoh:
Penjumlahan Bilangan Bulat, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2
Arah panah dari 0 ke -3 menunjukkan bilangan (-3) karena negatif maka kearah kiri, kemudian dari angka -3 ke 1 menunjukkan bilangan 4. karena positif maka kearah kanan. Jadi -3 +4 = 1

Penjumlahan Tanpa Menggunakan Garis bilangan

Penjumlahan bilangan tanpa menggunakan garis bilangan dilakukan jika bilangan-bilangan tersebut besar misalnya bilangan 20 keatas karna tidak memungkin kita lakukan menggunakan garis bilangan. karena untuk menjumlahkan bilangan-bilangan yang lebih besar akan sulit untuk menggabar garis bilangan yang terlalu panjang. Lalu bagaimana kah cara menjumlahkan bilangan bulat tanpa menggunakan garis bilangan? Mari kita perhatikan contoh penjumlahan berikut. 

Tentukan hasil penjumlahan berikut ini. 
  1. -23 + 25 
  2.  35 - (-15) 

Jawab : 

1. -23 + 25 = 25 + (-23)
                  = 25 - 23
                  = 2

2. 35 + (-15) = 35 -15
                     = 20
Kesimpulan
Penjumlahan bilangan positif dengan bilangan positif cara menjumlahkan sama seperti pada bilangan asli
Contoh : 2 +4 = 6
Penjumlahan bilangan negatif dengan bilangan negatif maka hasilnya negatif
Contoh : (-2) + (-4) = -6
Penjumlahan dengan bilangan negatif dengan positif dapat dilakukan dengan pengurangan dari lawan bilangan negatif.
Contoh : 2 + (-4) = -2
               6 + (-3) =  3
Demikian materi tentang penjumlahan bilangan bulat semoga bermanfaat bagi kita semua. tetap semangat!.

0 Response to "Penjumlahan Bilangan Bulat, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2"