Penjumlahan Pecahan, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2

Penjumlahan Pecahan, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2, - Pada materi kali ini kita kembali belajar tentang bilangan pecahan yaitu menjumlahkan bilangan pecahan. Pada penjumlahan bilangan pecahan memiliki aturan sama seperti operasi hitung penjumlahan yang perna kita pelajari sebelumnya. Namun dalam Penjumlahan pecahan ada sedikit aturan yang berbeda. jika penjumlahan yang memiliki penyebut yang sama dilakukan penjumlahan pada pembilangnya dan untuk penyebutnya tidak dijumlahkan. Sedangkan jika penyebutnya berbeda maka dilakukan dengan mengubah bentuk pecahan lain yang senilai sampai memiliki penyebut yang sama.
Penjumlahan Pecahan, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2
Mari kita pelajari menjumlahkan pecahan yang memiliki penyebut sama dan tidak sama dengan memperhatikan contoh-contoh soal penjumlahan pecahan berikut. 

Tentukan hasil penjumlahan pecahan dibawah ini.

Penjumlahan Pecahan, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2
dari contoh-contoh diatas apakah kalian sudah memahami aturan penjumlahan pecahan? kita dapat menyimpulkan aturan penjumlahan pecahan yang memiliki penyebut yang sama yaitu dengan menjumlahkan pembilang-pembilangnya dan penyebutnya tidak dijumlahkan.


Bagaimana dengan penjumlahan pecahan dengan penyebut yang berbeda? maka kita akan mengubah bentuk pecahan lain yang senilai sampai penyebutnya sama. Di materi sebelumnya kita telah belajar KPK (kelipatan persekutuan terkecil) . KPK dapat kita gunakan untuk menyemakan penyebut kedua bilangan dengan mencari bentuk pecahan yang senilai. perhatikan contoh-contoh soal penjumlahan pecahan yang berbeda penyebutnya.

Tentukan hasil penjumlahan pecahan dibawah ini.

Penjumlahan Pecahan, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2
Cara lain yang dapat kita lakukan.
Penjumlahan Pecahan, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2
Pertama Kalikan kedua penyebut yaitu 3 x 5 = 15, kemudian letakkan penyebut baru yaitu 15 untuk kedua pecahan. setelah penyebutnya sama bagikan penyebut sebelah kiri dengan penyebut awalnya yaitu 15 : 3 = 5 kemudian kalikan pembilangnya yaitu 5 x 1 = 5 letakkan pada pembilang baru maka didapat 5 / 15. Lakukan hal yang sama pada pecahan di sebelahnya maka di dapat 6 / 15. Langkah selanjutnya jumlahkan pembilangnya. Lihat contoh diatas.

Demikian Materi Penjumlahan Pecahan semoga kalian dapat memahami aturan-aturan dalam penjumlahan pecahan dari pembahasan kita pada materi kali ini. Semoga materi kali ini bermanfaat untuk kita semua. Tetap semangat.

0 Response to "Penjumlahan Pecahan, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2"